Minggu, 07 Agustus 2011

Sejarah Komputer

Sejak dahulu pengolahan data dilakukan oleh manusia.
Semakin meningkatnya zaman maka manusia semakin meningkat pemikirannya, sehingga manusia dapat menciptakan alat-alat mekanik dan elektronik yang dapat membantu manusia dalam melakukan pengolahan data semakin cepat.
Komputer yang kita temui sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa.
Diantarannya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi.


4 golongan besar dari zaman dahulu sampai saat ini :


  1. perlatan manual : yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana. Dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah tenaga manusia.
  2. Peralatan mekanik : perlatan yang berbentuk mekkanik dan digerakan dengan tangan secara manual.
  3. Peralatan mekanik elektronik : peralatan yang akan digerakan secara otomatis oleh motor elektronik.
  4. Peralatan elektronik : peralatan ysng bekerja secara elektronik penuh tulisan ini akan memberikan gambaran tentang sejarah komputer dari masa ke masa, terutama alat pengolahan data.

Alat Hitung Tradisional dan Kalkulator Mekanik
Abacus 

Yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di asia kecil dan masih di gunakan di beberapa tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi.
Cara menggunakannya yaitu dengan menggeser biji-bijian geser yang diatur pada sebuah rak.
Popularitasnya hilang seiring denagan munculnya pensil dan kertas, terutama di eropa.

Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang masih berusia 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik(numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak.
Pascaline yaitu kotak persegi kuningan, digunakan juga sebagai alat hitung dengan menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit.
Kelemahannya yaitu hanya terbatas unrtuk melakukan penjumlahan.

Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf jerman, Gottfed Wilhem Von Leibniz (1646-1716) memperbaiki pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan.
Cara kerjanya sama seperti pascaline dengan menggunakan roda-roda gerigi.
Barulah pada tahun 1820, kalkulator mekanik mulai populer.


Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor matematika inggris, Charles Babbage (1791-1871).
Tahun 1812, Babbage meperlihatkan kesesuaian alam antara mekanik dan matematika : mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan.
Vennevar Bush (1890-1974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931.


Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademik.
Jhon V.Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar boolean pada sirkuit elektrik pada tahun 1903.
pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa sistem biner aljabar.
Namun proyek mereka terhenti karena kehilangan sumber pendanaan.

Komputer generasi pertama 
Tabung hampa udara sebagai penguat sinyal, merupakan ciri khas komputer generasi pertama.

Pada awalnya, tabung hampa udara (vacum-tube) digunakan sebagai komponen penguat sinyal.
Bahan bakunya terdiri dari kaca, sehingga banyak memiliki kelemahan, seperti: mudah pecah, dan mudah menyalurkan panas. Panas ini perlu dinetralisir oleh komponen lain yang berfungsi sebagai pendingin.


  • EDSAC (Electonic Delay Storage Automatic Calculator) Memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri) dalam tabung untuk menyimpan data.
  • UNIVAC 1 Computer. Pada tahun 1951 Dr Mauchly dan Eckert menciptakan UNIVAC 1 ( Universal Automatic Calculator ) komputer pertama yang digunakan untuk memproses data perdagangan.



Komputer generasi kedua
Prinsip kerja :
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tabung vakum di televisi, radio, dan komputer.

Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956.
Komputer generasi kedua Menggantikan bahasa mesin dengan bahasa
assembly.

CONTOH KOMPUTER GENERASI KEDUA :
Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu.
Bahasa pemrograman
Common Business-Oriented Language ( COBOL )
dan Formula Translator
( FORTRAN ) mulai umum digunakan.
KOMPUTER DEC PDP-8
Komputer generasi ketiga
Konsep semakin kecil dan semakin murah dari transistor, akhirnya memacu orang untuk terus melakukan pelbagai penelitian. Ribuan transistor akhirnya berhasil digabung dalam satu bentuk yang sangat kecil.
Secuil silicium yag mempunyai ukuran beberapa milimeter berhasil diciptakan, dan inilah yang disebut sebagai Integrated Circuit atau IC-Chip yang merupakan ciri khas komputer generasi ketiga.
 
Cincin magnetic tersebut dapat di-magnetisasi secara satu arah ataupun berlawanan, dan akhirnya men-sinyalkan kondisi "ON" ataupun "OFF" yang kemudian diterjemahkan menjadi konsep 0 dan 1 dalam system bilangan biner yang sangat dibutuhkan oleh komputer.

Pada setiap bidang memory terdapat 924 cincin magnetic yang masing-masing mewakili satu bit informasi. Jutaan bit informasi saat ini berada didalam satu chip tunggal dengan bentuk yang sangat kecil. 

IBM S-360 merupakan komputer pertama yang menggunakan IC dan diperkenalkan pada tahun 1964 seperti nampak pada gambar dibawah.

Komputer yang digunakan untuk otomatisasi pertama dikenalkan pada tahun 1968 oleh PDC 808, yang memiliki 4 KB (kilo-Byte) memory dan 8 bit untuk core memory seperti yang nampak pada gambar.
 
Komputer generasi keempat
Microprocessor merupakan chiri khas komputer generasi ke-empat yang merupakan pemadatan ribuan IC kedalam sebuah Chip. Karena bentuk yang semakin kecil dan kemampuan yang semakin meningkat meningkat dan harga yang ditawarkan juga semakin murah. Microprocessor merupakan awal kelahiran komputer personal. Pada tahun 1971, Intel Corp kemudian mengembangkan microprocessor pertama serie 4004.

Contoh generasi ini adalah Apple I Computer yang dikembangkan oleh Steve Wozniak dan Steve Jobs dengan cara memasukkan microprocessor pada circuit board komputer. Disamping itu, kemudian muncul TRS Model 80 dengan processor jenis Motorola 68000 dan Zilog Z-80 menggunakan 64Kb RAM standard.
 
Komputer Apple II-e yang menggunakan processor jenis 6502R serta Ram sebesar 64 Kb seperti halnya pada gambar disebelah, juga merupakan salah satu komputer PC sangat popular pada masa itu. Operating Sistem yang digunakan adalah: CP/M 8 Bit. Komputer ini sangat populer pada awal tahun 80-an.
 
IBM mulai mengeluarkan Personal Computer pada sekitar tahun 1981 seperti yang nampak pada gambar, dengan menggunakan Operating System MS-DOS 16 Bit. Dikarenakan harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan komputer lainnya, disamping teknologinya jauh lebih baik serta nama besar dari IBM sendiri, maka dalam waktu yang  sangat singkat komputer ini  menjadi sangat popular.

Komputer Generasi berikutnya
Pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor kedalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor.
Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor diantaranya adalah: Intel Corporation, Motorola,Zilog dan lainnya lagi. Dipasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486,
dan Pentium. 

Pentium-4 diproduksi dengan menggunakan teknologi 0.18 mikron. Dengan bentuk yang semakin kecil mengakibatkan daya, arus dan tegangan panas yang dikeluarkan juga semakin kecil. Dengan processor yang lebih cepat dingin, dapat dihasilkan kecepatan MHz yang lebih tinggi. Kecepatan yang dimiliki adalah 20 kali lebih cepat dari generasi Pentium - 3. 

Platform Notebook PC Processor Type Intel Core Duo Processor
Processor Onboard Intel® Core™ Duo Processor T2400 (1.83 GHz, FSB 667, Cache 2 MB)
Chipset Intel 915GM Standard Memory 512 MB DDR2
SDRAM PC-5300 Max. Memory 2 GB (2 DIMMs) Video Type ATI Mobility Radeon X1300 64 MB Display Size 14.1" XGA TFT Display Max. Resolution 1024 x 768 Display Technology Standard TFT Audio Type Integrated Speakers Type Integrated

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More